Harga Saham MCAS Murah atau Mahal Sih Dari Fundamentalnya

Harga Saham MCAS Murah atau Mahal Sih Dari Fundamentalnya

Harga Saham MCAS Murah atau Mahal sih Dari Fundamentalnya. Mcas perusahaan apa sih sebenarnya? Mari kita ulik fundamental PT M Cash Integrasi Tbk. M Cash Integrasi Tbk (MCAS) merupakan penyedia self-kiosk digital dan layanan solusi IT yang inovatif. Bisnis mcas sangat banyak, boleh dikatakan holding company, banyak terdapat lini bisnis yang dimiliki oleh Mcas. Berdasarkan data publikasi mcas, Secara garis besar mcas memiliki 19 lini bisnis yang berbaur dengan IT dan digital lifestyle. IPO pada tanggal pada 17 November 2017 . Struktur perusahaan mcas, Tercatat punya anak 11 perusahaan langsung dan 23 anak perusahaan tidak langsung dan ada 4 anak perusahaan yang sudah IPO. Produknya sendiri yang paling menonjol yaitu jualan pulsa, bill payment dimana kita bisa bayar BPJS, e-ticket, pulsa dengan data, tagihan listrik, tagihan air, kurang lebih seperti itu bisnis yang menonjol dari MCAS sendiri

 

Sifat bisnis mcas adalah aggregator

Aggregator itu apa? Aggregator adalah sebuah model bisnis yang berperan sebagai perantara antara merchant dengan pihak penerimaan pembayaran. Makanya, aggregator disebut sebagai pihak ketiga yang mengumpulkan semua transaksi merchant melalui satu akun rekening. Melalui adanya payment aggregator, para pelaku usaha tidak perlu lagi mengurus penerimaan transaksi nontunai.  Nah, jadi contoh skema aggregator ini, mcas sebagai penengah, dimana ketika mcas beli stok pulsa ke beberapa provider, dan di distribusikan kepada alfamart dan profit dibagi sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Mcas sendiri memiliki hubungan afiliasi dengan PT. Kresna Group. Dimana bergerak dibidang asuransi. Selanjutnya, bagaimana kondisi fundamental dari PT. M Cash Integrasi Tbk?

 

Revenue

Jika kita melihat revenue dari Mcas, jadi mcas perusahaannya seberapa besar sih pendapatannya sampai dipromosikan oleh 2 artis? Revenue mcas setahun Rp. 11 triliun. Hal ini cukup terbilang sangat besar omsetnya dibandingkan dengan competitor yang sektor nya berbeda namun sudah terkenal dan produk yang digunakan itu sifatnya daily concumption.

Gross profit margin Mcas sangat kecil, Cuma 1,8% - 2,7% jadi marginnya tipis banget, otomatis revenue yang besar harus dikali kuantitas yang besar pula.

Net profit margin Mcas per kuartal 3 2020 yakni sebesar 0,21% dimana jika kita lihat pada laporan keuangan Mcas, kepemilikan Mcas tidak sepenuhnya kepada pengendali namun, hanya sekitar 30%-40% dikuasai oleh pengendali dan sisanya diatistribusikan kepada non-pengendali. Hal ini mungkin yang menyebabkan margin laba bersih mcas kecil.

 

Profitabilitas

Return On equity mcas : 6.19%

Nah, ROE Mcas juga terbilang kecil dikarenakan ketika kita melihat laporan keuangan Mcas bisa dilihat berikut ini :

Bisa kamu dilihat gambar diatas, jumlah ekuitas yang diatribusikan kepada non pengendali lebih besar dibandingkan dengan pemilik entitas induk, itu mengapa ROE Mcas tidak terlalu tinggi marginnya dan artinya Ekuitas MCAS tidak sepenuhnya dimiiki oleh pemilik. tetapi, ada banyak perusahaan yang bekerjasama dengan MCAS ini.

 

Likuiditas

Lalu, jika kita lihat dari sisi rasio likuiditas Mcas sendiri yakni :

 

[related]

 

Harga Saham MCAS Murah atau Mahal Sih Dari Fundamentalnya 3

 

DER (debt equity ratio) : 143.39% artinya kemampuan mcas dalam membayar utangnya dijamin dengan ekuitasnya tergolong tinggi persentasenya, semakin kecil rasio DER ini, maka semakin bagus komposisi utang yang lebih kecil dibandingkan komposisi modalnya

Cash Ratio (CR)  sebesar 69,84%. Nah, cash ratio Mcas tergolong tinggi karena kas dan setara kas memiliki saldo wajar tinggi setiap tahun, artinya Mcas mampu membayar utang-utang baik jangka pendek dan jangka panjang dengan kasnya senilai 69,84%

Quick Ratio (QC) : 244.52%, quick ratio MCAS menunjukkan persentase yang tinggi, artinya apa? Nah berarti kemampuan si MCAS ini dalam membayar utangnya, dibayar  menggunakan aset yang likuid atau aset yang paling lancar contohnya uang tunai atau surat berharga (berwujud). Semakin tinggi hasil rasio ini, maka MCAS dikatakan likuid dalam membayar utang jangka pendeknya.

 

Valuasi Pasar

Setelah kita melihat dari sisi profitabilitas dan likuiditas MCAS ini, kira-kira bagaimana kondisi valuasi pasar dan earningnya MCAS ini ya?

Untuk Price Earning Ratio (PER) Mcas adalah 166.08x. maksudnya ini bagaimana ya? PER ini bisa dihitung dengan harga saham dibagi dengan laba per saham. PER bisa diartikan harga saham saat ini setara berapa kali dengan pendapatan bersihnya dalam waktu 1 tahun.

Kalau dilihat dari PER nya MCAS sangat tinggi ya, ketika pertumbuhan perusahaan tinggi dalam menghasilkan laba, maka PER ini pun akan ikut naik seiring dengan pertumbuhan nya si perusahaan. Tapi, sangat  sulit untuk menentukan PER yang ideal untuk disetiap sector-sektor industri yang berbeda.

Price Cash Flow ratio (PCFR) : -41.60x. PCFR MCAS perputarannya negatif, untuk perusahaan yang PCFRnya negatif perlu hati-hati karena rasio ini mengukur jumlah uang yang bersedia dibayar investor untuk arus kas yang dihasilkan MCAS, hal ini sangat krusial dimana kita ingin mempertimbangkan penilaian dengan menggunakan Uang tunai.

Price Book Value Ratio (PBVR) : 10.23x. artinya harga saham MCAS lebih besar 10.23 kali lipat dibandingkan kekayaan bersihnya MCAS.

Nah yang terakhir, kita lihat dari sisi earningnya MCAS

 

[related]

 

Harga Saham MCAS Murah atau Mahal Sih Dari Fundamentalnya 2

 

Earning per share (EPS) : 27. Apabila saham MCAS memiliki nilai EPS Rp.27 maka artinya MCAS menghasilkan laba sebesar Rp.27 untuk setiap lembar saham yg dimilikinya

Untuk Cash Flow Per Share : -110, CFPS mengalami negatif, artinya MCAS kurang mampu dalam menghasilkan arus kas yang akan dibagikan kepada investor, dan dapat dikatakan MCAS ini termasuk bad company.

Dan sekedar tambahan informasi, pada finansial statement 2018 MCAS, transaksi kerugian saham masih minus, jadi Harus berhati-hati karena sebagian besar dari profitnya disumbangkan dari penghasilan lain-lain dari khusus nya transaksi saham. Karena penghasilan dari saham itu fluktuatif dan bukan merupakan core MCAS itu sendiri. Nah bagaimana menurutmu Harga Saham MCAS Murah atau Mahal Sih Dari Fundamentalnya

Statistik artikel

182 views