Rumus Altman Z Score Formula Cari Tahu Perusahaan Mau Bangkrut

Rumus Altman Z Score Formula Cari Tahu Perusahaan Mau Bangkrut

Rumus Altman Z Score Formula Cari Tahu Perusahaan Mau Bangkrut.

Investasi merupakan cara yang paling banyak dipilih oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya para investor akan menamkan modal pada perusahaan yang sudah jelas asal usul dan sepak terjangnya di perekonomian khususnya saham. Ketakutan akan kehilangan uang mereka menjadi permasalahan utama yang seringkali menghantui para investor.

Maka dari itu sebelum berinvestasi ada baiknya harus mengecek beberapa hal yang memastikan perusahaan tidak akan bangkrut dalam beberapa tahun kedepan. Salah satu rasio yang sering digunakan adalah Altman Z Score. Ini merupakan rasio yang sering dipakai untuk menentukan suatu kemungkinan perusahaan akan bangkrut kedepan.

Salah satu alat ukur yang dapat digunakan perusahaan dalam menilai kondisi maupun kinerja dari perusahaan adalah laporan keuangan yang dihasilkan setiap periodenya. Salah satu model peramalan kebangkrutan yaitu Model Z Score Altman, dimana model ini dikembangkan oleh Edward I Altman (1968) yang merupakan seorang ekonom keuangan. Edward Altman menciptakan model dengan menggunakan sejumlah rasio dalam laporan keuangan dan menganalisis beberapa diskriminan untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan manufaktur yang sahamnya diperdagangkan di bursa (publicly traded manufacturing firms). Dalam topik kali ini kita akan menggunakan rasio altman z score untuk perusahaan manufaktur dan untuk perusahaan non manufaktur  dengan menggunakan 2 kalkulator khusus yang kami sediakan.

  1. Kalkulator untuk emiten di sector manufaktur klik disini: https://bit.ly/Kzlmanufaktur
  2. Sedangkan untuk emiten non manufaktur (misalnya seperti industry penghasil bahan baku dan jasa) klik disni: https://bit.ly/Kzlnonmanufaktur

Cara Menghitung Altman Z Score

  1. Buka kalkulator Altman Z Score
  2. Buka laporan keuangan. Dalam contoh ini kita kita mengaplikasikan laporan keuangan Tahunan ICBP (PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk) tahun 2019 dengan menggunakan Yahoo Finance.
  3. Kemudian cari data Harga Saham Per lembar, Total Assets, Current Liabilites dst yang diminta pada kalkulator tersebut