FAQ

Frequently Ask Question

Bursaku.id adalah suatu aplikasi marketplace yang menyediakan layanan edukasi, pengelolaan keuangan yang bisa di akses melalui website maupun aplikasi mobile/smartphone

Bursaku.id dapat diakses melalui website www.bursaku.id maupun download aplikasi melalui Playstore di android dan Appstore di IOS.

Bursaku.id menyediakan layanan jasa simulator perhitungan hasil investasi dan tujuan investasi, pengecekan kesehatan keuangan, pencatatan keuangan harian, agregasi ke Lembaga Jasa keuangan yang teregulasi di Indonesia.

Anda dapat melakukan reset password pada fitur Lupa Password, Link untuk reset password akan dikirimkan ke email anda dan anda dapat mengganti password anda dengan mengklik dan memasukan password baru kemudian verifikasi setelah mendapatkan OTP di nomor HP anda dan memasukkan nomor OTP untuk verifikasi pergantian password.

Anda dapat menggunakan menu reset pada hasil cek up kesehatan keuangan anda untuk melakukan pengisian ulang ataupun memodifikasi bagian tertentu di fitur personal Finance untuk bagian seperti Aset dan Hutang.

Kesalahan pencatatan dapat dihapus di bagian rincian aktivitas keuangan harian dengan pilihan tanggal yang sesuai atau melakukan penginputan transaksi reverse di catatan keuangan dengan tanggal yang sama.

Data user akan otomatis terhapus dari server Bursaku.id jika user tidak mengakses aplikasi selama 3 bulan berturut turut semenjak tidak berlangganan layanan. Jika user tetap mengakses data tidak akan hilang hanya saja tidak dapat di kirimkan dalam bentuk email pdf.

Fitur simulator dapat menghitung bagaimana hasil investasi di instrument investasi yang di pilih dalam kurun waktu/periode yang dimasukan oleh user.

Fitur simulator hanya sebagai gambaran kepada users tetapi bukan merupakan hasil kinerja masa depan. Hasil kinerja investasi tetap mengacu pada keadaan pasar yang akan berfluktuasi ataupun berubah sesuai kondisi pasar.

Fitur Kesehatan Keuangan atau Financial Check Up menyediakan perhitungan rasio rasio keuangan berdasarkan rumus ideal yang telah dimasukan dalam sistem. User harus mengisi data data yang diperlukan secara jelas agar hasil yang didapatkan akurat dan mencerminkan keadaan keuangan sebenarnya.

Fitur Catatan Keuangan atau personal Finance menyediakan sistem yang dapat digunakan user untuk mencatat kegiatan keuangan harian supaya dapat direkap dan ditampilkan dalam bentuk laporan keuangan.

Untuk mendapatkan laporan keuangan user terlebih dahulu harus melakukan pencatatan keuangan secara berkala sesuai dengan kegiatan transaksi user harian kemudian user dapat meihat laporan keuangan di Fitur Report/Laporan

Fitur Report atau Laporan berisi hasil rekap/ringkasan dari pencatatan keuangan harian, mingguan , bulanan dan tahunan dari hasil pencatatan berkala yang dilakukan user di fitur catatan keuangan/personal finance pada aplikasi Bursaku.id

Laporan keuangan yang terbentuk dapat dikirim dalam bentuk pdf ke email user yang terdaftar pada saat login pertama kali sesuai dengan login ID masing masing user.

Dalam fitur produk Bursaku.id menyediakan layanan agregasi ke partner Lembaga Jasa Keuangan berlisensi supaya user dapat langsung mengakses aplikasi dari partner yang bekerjasama dengan Bursaku.id melalui koneksi yang disediakan Bursaku.id

Untuk saat sekarang Lembaga Jasa Keuangan yang bekerjasama dengan Bursaku.id ada 3 jenis yaitu : Agen Penjual Reksadana, Agen perantara Pedagang Efek dan Pialang Asuransi Umum.

User akan melakukan transaksi pada aplikasi Partner maka perlu dipastikan oleh user setelah mengakses Fitur Produk dan memilih Partner, user harus membaca kembali syarat ketentuan dan kebijakan privasi dalam aplikasi partner sebelum melakukan registrasi di Aplikasi partner.

User diharuskan melakukan registrasi kembali di aplikasi Partner karna sesuai dengan POJK dan regulasi dari Lembaga Otoritas Jasa Keuangan kepada pihak Partner maka Partner perlu melakukan verifikasi KYC ( Know Your Customer) profil melalui pengisian data pribadi yang lebih lengkap oleh user.

Bursaku.id menyediakan layanan yang gratis/free maupun berbayar sesuai dengan jenis layanan yang akan diakses oleh user. User dapat melihat subscription plan yang tersedia di aplikasi.

Anda dapat mengakses user manual dari Bursaku.id di Fitur Akun dan pilih layanan dan penggunaan aplikasi Bursaku.id. User manual akan di sediakan dalam bentuk Pdf.