Cara Daftar Prakerja Gelombang 12 Online

Cara Daftar Prakerja Gelombang 12 Online

Cara Daftar Prakerja Gelombang 12 nah karena Program Kartu Prakerja gelombang 11 untuk tahun ini telah berakhir, berikut ini adalah bocorannya. Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang diberikan untuk para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Selama pandemi Covid-19, Kartu Prakerja utamanya diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi. Kabar gembira untuk kamu masyarakat Indonesia yang diprioritaskan tapi belum dapat kesempatan di 11 gelombang sebelumnya, sebab Kartu Prakerja Gelombang 12 akan dilanjutkan buka pada awal tahun 2021.

 

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Sebelum mengikuti program Kartu Prakerja gelombang 12, maka kamu diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan. Namun pada intinya, syarat Kartu Prakerja gelombang 12 tidak jauh berbeda dengan gelombang-gelombang sebelumnya, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan KTP
  • Berusia min. 21 tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal seperti sekolah atau kuliah

 

[related]

 

Selain persyaratan di atas, program Kartu Pra Kerja gelombang 12 juga tidak boleh diikuti oleh masyarakat yang memiliki profesi tertentu, antara lain:

  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala desa dan Perangkat desa
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah

 

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu offline dan online. Apabila kamu ingin melakukan pendaftaran melalui offline, maka kamu diharuskan untuk mendaftar melalui kementrian atau lembaga pemerintah daerah yang dapat dilakukan secara individu maupun kolektif. Tetapi kebanyakan dari gelombang sebelumnya akan melakukan pendaftaran secara online. kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi situasi resmi Prakerja di https://prakerja.go.id/
  • Ikuti langkah-langkah pendaftaran yang bisa kamu lihat di bagian hompage
  • Setelah itu, tunggu link verifikasi yang biasanya akan dikirimkan melalui email SMS ke nomor yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Jadi, pastikan bahwa nomor atau email yang kamu masukkan masih aktif dan dapat digunakan.
  • Kemudian, kamu bisa langsung mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang juga akan dilakukan secara online. Karena tes ini memiliki waktu pengerjaan, maka pastikan bahwa kamu telah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan sebelum mengikuti tes, mulai dari pensil, pulpen, kertas, dan sejenisnya.
  • Cara terakhir di dalam pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 12 adalah pilihlah beberapa pelatihan yang kamu inginkan. Terdapat begitu banyak bidang yang bisa kamu jadikan pilihan, sehingga kamu bisa memilih berdasarkan minat dan ketertarikan.

Setelah kamu mengikuti seluruh langkah-langkah pendaftaran sampai memilih pelatihan yang diinginkan, kamu masih perlu menunggu beberapa hari sesuai jadwal penutupan pendaftaran hingga pengumuman. Umumnya, pengumuman ini akan disampaikan melalui SMS atau cek secara manual melalui dashboard masing-masing pendaftar.

 

[related]

 

Manfaat Mengikuti Program Kartu Prakerja Gelombang 12

Ketika kamu berhasil lolos dalam seleksi mengikuti program Kartu Prakerja gelombang 12, maka kamu bisa mendapatkan sejumlah benefit yang tentunya akan membantu kamu apalagi di tengah pandemic seperti saat ini.

 

1. Mendapatkan Insentif Bulanan

Dengan menjadi peserta Kartu Prakerja yang telah lolos maka penerima akan mendapatkan Rp 3.550.000 yang terdiri dari:

  • Biaya bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang tidak bisa dicairkan (hanya untuk pelatihan)
  • Insentif Rp600.000 per bulan selama empat bulan (jika sudah menyelesaikan pelatihan)
  • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 untuk setiap survei. Akan ada sebanyak 2 kali survei sehingga totalnya adalah Rp100.000 per peserta.

Nantinya uang insentif ini akan dikirimkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank setiap peserta yang telah didaftarkan di akun Prakerja.

 

[related]

 

2. Meningkatkan peluang Karier

Benefit dalam mengikuti Karu Prakerja Gelombang 12 adalah meningkatkan peluang karir sekaligus mempermudah peserta dalam mencari pekerjaan di masa yang akan datang. Karena, pelatihan yang diikuti akan meningkatkan keterampilan setiap peserta berdasarkan bidang yang telah dipilih. Tak hanya itu, setiap peserta yang telah menyelesaikan pelatihan juga akan diberikan sertifikat loh, yang dapat menunjukan bahwa kamu merupakan tenaga kerja yang terampil. Jadi tunggu apa lagi? Yuk persiapkan diri untuk mengikuti program Kartu Prakerja gelombang 12 awal tahun depan. Semoga berhasil ya!

Statistik artikel

200 views