Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

cara mencapai financial freedom di usia muda

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda - Financial freedom merupakan pencapaian terbesar dari keinginan banyak orang. Tapi sayangnya, belum tentu semua orang mengetahui langkah yang perlu ditempuh untuk mencapainya. Hal tersebut disebabkan karena cara berpikirnya sendiri yang duluan membangun mindset bahwa ia tidak mampu atau mungkin memiliki ketakutan dan ragu akan kehidupannya sendiri.

Maka dari itu, kebebasan finansial disini bukan hanya dicapai dengan bermodal gaji yang tinggi tapi juga kemampuan dalam mengelolahnya. Lalu seperti apa sebenarnya financial freedom dan bagaimana cara untuk mencapainya? Semua akan dikupas tuntas di artikel ini.

 

1.  Apa Itu Financial freedom?

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah keadaan di mana kamu dapat mengambil berbagai keputusan dalam hidup tanpa terlalu mengkhawatirkan dampaknya pada keadaan keuanganmu sendiri. Tidak mengkhawatirkan keadaan keuangan di sini bukan selalu berarti karena kamu sudah kaya dan memiliki banyak uang, ya. Melainkan karena kamu sudah menyiapkan dan menglola keuangamu dengan sebaik mungkin.

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya. Dengan demikian, seseorang bisa melakukan apapun yang ia  kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan.

 

[related]

 

cara mencapai financial freedom di usia muda

 

2. Tips Mencapai Financial freedom

Nah sekarang, mari kita bahas beberapa langkah bisa kamu coba terapkan untuk mencapai kebebasan finansial tersebut.

 

1. Pahami Kondisi Finansial Sekarang

Financial freedom tidak diukur dari berapa umur atau pun seberapa besar pendapatan kamu dalam sebulan. Melainkan, apakah pendapatan kamu tersebut bisa menutupi segala kebutuhan kamu atau tidak.

Maka dari itu, langkah pertama adalah pahami kondisi finansial kamu sekarang mulai berhitung berapa pengeluaran dan pendapatan kamu. Dengan mengenali keadaan finansial saat ini kamu bisa tahu dari mana harus memulai memperbaiki dan mengembangkan kondisi finansialmu tersebut. hal tersebut juga bisa membuatmu untuk fokus dalam menentukan tujuan keuangan ke depannya.

 

2. Tentukan Tujuan Keuangan

Tips kedua ini harus kamu terapkan juga sedini mungkin agar ke depannya kamu bisa lebih mudah dalam menyusun strategi untuk mencapainya. Misalnya aja, di bulan ini kamu harus bisa menghemat sekitar 20% dari total pengeluaran kamu di bulan sebelumnya. Kemudian berjarak selama beberapa bulan ke depan, kamu harus bisa menambah sebesar 40% pendapatan dari jumlah saat ini.

Setelah itu kamu dapat menyusun strategi apa yang tepat dan diperlukan secara spesifik untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut.

 

3. Cari Sumber Pendapatan Lain

Salah satu langkah penting untuk mencapai financial freedom adalah menciptakan aset yang mampu menghasilkan pendapatan. Setelah itu, biarlah pendapatan dari aset itu yang menutup segala pengeluaran atau kebutuhan kamu.

Sementara, pendapatan pokok digunakan untuk menciptakan aset lain atau pun memenuhi kepentingan lain di luar pengeluaran pokok kamu.

Kamu bisa mencoba beberapa cara ini untuk menciptakan passive income atau pendapatan lain:

 

1. Bisnis

Berbisnis sekarang ini adalah cara paling populer dalam menciptakan aset baru yang mampu menghasilkan pemasukan. Perkembangan kewirausahaan yang telah marak dewasa ini menunjukkan bahwa berbisnis itu sangat bermanfaat.

Walaupun, dalam berbisnis pasti membutuhkan modal. Namun besar kecilnya tentu tergantung pada bisnis seperti apa yang ingin kamu bangun. Karena telah banyak bisnis berpotensi besar dengan modal minim yang bisa kamu coba mulai dari bisnis penulisan blog, terjemahan, dan masih banyak lagi.

Upayakan agar bisnis kamu memiliki model yang baik sehingga lebih berpotensi untuk maju. Bisnis tersebut kemudian bisa menjadi aset bagi kamu yang mampu menghasilkan pemasukan sehingga kamu lebih dekat untuk mencapai financial freedom.

 

[related]

 

2. Bangun Passive Income Dengan Media Internet

Media internet kini bisa kamu jadikan sumber pemasukan. Cara yang paling mudah salah satunya adalah membuat sebuah media berupa website/blog yang berisi informasi penting dan berguna bagi pembaca. Bila kamu sering memperbaharui blog tersebut dengan tulisan-tulisan informatif, bukan tidak mungkin kamu bisa menciptakan passive income dari blog tersebut.

Semakin banyak informasi penting dan bermanfaat yang tersedia di blog kamu, semakin banyak pula pembaca yang mengunjungi blog kamu. Kemudian, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang terpasang di blog tersebut.

Dengan begitu, blog tersebut bisa menghasilkan pendapatan pasif dan menjadi salah satu aset penting untuk pemasukan kamu.

 

4. Investasi

Nilai uang yang kamu miliki akan berkurang dari tahun ke tahun karena pengaruh inflasi. Bila kamu menyimpan uang di bank juga demikian, nilainya akan terus tergerus dari mulai potongan pajak, biaya administrasi hingga inflasi.

Maka solusi yang bisa kamu lakukan sebagai cara mencapai financial freedom adalah dengan mulai berinvestasi. Karena uang yang kamu investasikan tersebut akan bertambah nilainya sejalan dari waktu ke waktu. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih dengan berbagai risiko yang berbeda pula. Oleh karena itu, pelajari cara kerja dan risiko masing-masing instrumen investasi sebelum mulai memilih yang paling tepat untuk kamu.

 

5. Lunasi Segala Hutang

Hutang adalah kendala yang kerap dialami banyak orang untuk mencapai kebebasan finansial. Untuk itu kamu perlu mencatat utang kamu ke dalam perhitungan anggaran dan pengeluaranmu agar segera dapat melunasinya. Pastikan segera melunasi utang kamu sekalipun digunakan untuk kepentingan produktif seperti modal usaha.

Bila kamu memiliki cukup banyak hutang, maka pertimbangkanlah untuk melunasi hutang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Kamu juga dapat mencicil utang kamu dengan porsi ideal 30% dari gaji agar kamu dapat menjadi orang yang merdeka secara finansial.

 

[related]

 

cara mencapai financial freedom di usia muda 2

 

3. Tahapan Sebelum Mencapai Financial freedom

Setelah melakukan beberapa tips mencapai financial freedom di atas, kamu juga akan merasakan beberapa tahapan keadaan keuangan yang akan kamu lewati. Karena mencapai cita-cita besar tersebut tidaklah mudah. Tapi hal utama yang harus dimiliki adalah keyakinan dan kegigihan. Kamu harus yakin bisa meraihnya dan gigih untuk menghadapi semua ketidaknyamanan (kesulitan) dalam proses meraih financial freedom.

maka inilah 7 (tujuh) tahapan yang umumnya akan dirasakan dan dilalui banyak orang dalam menuju kebebasan finansialnya.

 

Tahap 0: Financial Dependence

Ketergantungan. Ini adalah tahap ketika kebutuhan kamu masih bergantung pada orang lain. Kamu juga bisa berada tahap ini, jika pengeluaranmu lebih banyak dari pemasukan yang dihasilkan. Jika kamu sampai harus mengambil salary advance, meminjam uang ke bank, teman atau orang tua, hanya untuk bertahan hidup, itu artinya kamu masih dalam tahap awal ini. Ini adalah tahap terendah dalam menuju kebebasan keuangan dimana biasanya kamu memiliki banyak utang.

 

Tahap 1: Financial Solvency

Di tahap ini kamu sudah mulai dapat memenuhi pengeluaran kamu sendiri. biasanya kamu sudah memiliki penghasilan sendiri yang seimbang atau lebih besar daripada pengeluaran. Walaupun mungkin kamu masih membutuhkan orang dalam bentuk pinjaman, tapi kamu telah bisa membuat anggaran finansial agar kamu tetap masih mampu memenuhi pembayarannya.

Dengan kata lain kamu telah memiliki komitmen keuangan tanpa bergantung kepada orang dan sudah memiliki uang lebih untuk memenuhi kewajiban keuangan seperti melunasi hutang lama yang kamu miliki.

 

Tahap 2: Financial Stability

Pada tahap ini keadaan finansial kamu sudah lebih stabil. Mulai dari pemasukan yang didapatkan lebih besar daripada pengeluaran, mampu melunasi beberapa hutang, menekan pengeluaran dan mulai dapat menabung. Kamu juga sudah memiliki dana darurat untuk melindungi kamu dari kejadian tak terduga yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang.

Meski begitu, kamu masih ada fokus untuk melunasi utang produktif seperti pinjaman pendidikan atau KPR. Di tahap ini juga kamu juga sudah mulai mendanai atau investasi, karena sadar menabung saja tidak cukup untuk menghadapi inflasi di masa depan.

 

Tahap 3: Debt Freedom

Pada tahap ini kamu sudah setengah jalan untuk mencapai kebebasan finansial. Kamu biasanya sudah melunasi seluruh utang yang produktif. Keadaan kamu disini tidak lagi menganggap uang sebagai alat bertahan hidup, tapi mampu membuat dirimu menjadi lebih berkembang secara kehidupan. Bahkan, memungkinkanmu untuk hidup sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jika ingin cuti sebulan lalu liburan keliling Eropa pun tak ada lagi perasaan khawatir, karena sudah memiliki tabungan yang cukup untuk menghidupi diri selama itu, jadi kamu bisa melakukannya tanpa ada rasa bersalah dan penyesalan mendalam.

 

Tahap 4: Financial Security

Selanjutnya di tahap ke-4 ini hal yang paling kamu rasakan adalah rasa aman, karena seluruh pendapatan dari investasi bisa memenuhi kebutuhan dasar kamu mulai dari sandang, pangan, papan, hingga asuransi. Kamu juga secara konsisten menyisihkan uang untuk investasi berharga yang dapat menghasilkan pengembalian jangka pendek, menengah dan panjang. 

Walaupun sudah memasuki tahap ini, untuk berhenti bekerja harus kamu pikirkan lagi secara matang. Karena kamu mungkin sudah menikmati keuntungan dari investasi yang kamu lakukan, tapi belum bisa mencakup keinginanmu seluruhnya. Maka dari itu, kamu masih memerlukan pengasilan dari pekerjaan kamu.

 

[related]

 

Coba lihat tahap selanjutnya untuk lebih membukakan mata kamu akan kebebasan keuangan.

 

Tahap 5: Financial Independence

Kebalikan dari tahap 0, di sini kamu sudah mandiri secara finansial dan tidak perlu bergantung kepada orang lain. Kamu terus melakukan investasi jangka panjang dan menikmati penghasilan dari dana yang kamu investasikan, sehingga tidak hanya mampu membiayai kebutuhan-kebutuhan besar tetapi juga hal lain yang kamu inginkan.

Ditahap inilah saatnya kamu bisa hidup nyaman dan tidak masalah walaupun harus berhenti kerja dan pergi travelling ke berbagai negara tanpa harus khawatir kehabisan uang. Di sini kamu sudah memiliki kenyamanan dalam hidup. Kamu sudah tidak bekerja untuk uang, namun uanglah yang bekerja untukmu.