Cara Transfer Beda Bank Tanpa Biaya Admin

cara transfer beda bank tanpa biaya admin

Cara transfer beda bank tanpa biaya admin ditengah perkembangan teknologi saat ini, bukan hal susah lagi. Untuk transfer uang di era digital saat ini, sudah banyak pilihan tersedia untuk mempermudah kita, baik dari ATM atau pun melalui ponsel seperti Internet Banking, Mobile Banking ataupun SMS banking. Hanya bermodalkan smartphone, aplikasi dan koneksi internet, kita bisa melakukan pembayaran atau pun transfer uang dimana saja dan kapan saja.

Tetapi di era kemudahan ini, kita juga masih memikirkan biaya admin saat melakukan transfer uang antar bank yang tidak murah. Jika satu kali biaya transfer adalah Rp6.500, bagaimana kalau melakukannya 10x dalam seminggu? maka biaya admin yang terpotong sejumlah Rp65.000, dan semakin banyak lagi jika sering melakukan transaksi keuangan.

Nah, saat ini selain aplikasi mobile banking dari bank yang kita pakai, ada juga cara memakai aplikasi yang menyediakan layanan untuk melakukan transfer antara bank tanpa perlu biaya admin, bisa hemat biaya bukan?

Inilah 8 Aplikasi Transfer Beda Bank Tanpa Biaya Admin

Inilah daftar aplikasi-aplikasi lengkap yang dapat mentransfer beda bank tanpa biaya admin di bawah ini:

1. Flip

Aplikasi yang sudah resmi hadir sejak tahun 2016 ini merupakan salah satu penyedia layanan transfer antar bank tanpa biaya admin yang populer. Setelah melakukan verifikasi identitas, kamu dapat merasakan fitur transfer antar bank secara gratis. Untuk sekarang, Flip baru bisa melayani pengiriman dana ke 14 bank dalam negeri.

Layanan yang dimiliki Flip ini memiliki batas limit transaksi sebesar Rp5 juta untuk akun reguler dan akun Flip+ bisa hingga Rp20 juta. Transaksi dari akun ini memakan waktu hingga 20 menit tetapi tidak beroperasi selama 24 jam. Flip hanya menerima proses transaksi pada jam operasional mulai dari senin-minggu jam 08.00-22.00 Wib dan tidak beroperasi pada hari libur nasional. 

2. Oy! Indonesia

Seperti Flip, aplikasi fintech buatan anak bangsa ini juga memiliki fitur transfer antar bank tanpa ribet. Aplikasi yang beroperasi tanpa batas 24/7 ini, harus mengaitkan rekening bank atau debit kamu ke akun Oy! agar dapat menikmati layanan gratis biaya admin saat mentranfer dana ke antar bank. Karena sistemnya transfer langsung dari kartu debit yang telah didaftarkan, maka apapun rekening bank yang dimiliki, kamu tetap bisa melakukan transfer ke mana pun tanpa dikenakan biaya dengan aplikasi OY! Ini.

Ada 3 pilihan metode pengiriman uang, yakni Debit Card, Virtual Account, dan Manual Transfer. Untuk menikmati transfer tanpa biaya admin kamu harus menggunakan metode manual transfer. Tiap nominal transaksi akan ditambahkan Uniqeu Code (kode unik). Besaran kode unik bervariasi dari Rp1 sampai Rp999. Kode unik ini berfungsi sebagai identitas transaksi kalian. Uang dari kode unik itu akan diakumulasikan ke dalam deposit kamu. Bila sudah mencapai Rp10.000, deposit tersebut bisa dicairkan ke rekeningmu.

3. DANA

Aplikasi fintech dompet digital yang sudah terkenal ini juga bisa digunakan transfer dana ke rekening bank tanpa beban biaya admin. Dengan upgrage akun DANA ke premium, kamu bisa menikmati layanan transfer uang antar bank bebas biaya dengan maksimal 10 kali setiap bulannya. Hanya saja jumlah minimal yang harus dikirim sebesar Rp50.000. E-payment ini hanya bisa menyimpan saldo maksimal sebesar Rp2.000.000 saja untuk akun DANA Biasa dan maksimal Rp10.000.000 untuk akun DANA verified.

4. LinkAja

LinkAja merupakan fintech e-payment juga hasil patungan BUMN yang mendukung transaksi finansial, seperti tarik tunai di ATM link, kanal pembayaran tagihan dan pembayaran transportasi, dan sebagainya. Aplikasi dengan khas warna merah ini juga memiliki fitur transfer bank tanpa biaya admin. Syaratnya, sama seperti aplikasi di atas, kamu harus upgrade akun menjadi Full Service dulu agar dapat menikmati layanan ini. Dengan catatan, gratis biaya transfer hanya berlaku antar bank Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Untuk menikmati fitur transfer tanpa biaya admin, syarat minimal uang yang dikirim adalah Rp 10.000. LinkAja menetapkan saldo untuk Full Service sebesar Rp10.000.000 dan untuk Basic Service sebesar Rp2.000.000.

5. PayFazz

Salah satu penyedia jasa transaksi keuangan ini, sudah aman dan terpercaya untuk digunakan transfer uang antar bank tanpa biaya apa pun. Payfazz sudah bekerja sama dengan 88 bank yang ada di Indonesia untuk dapat melakukan transaksi keuangan. Limit yang ditawarkan untuk transfer antar bank mulai dari Rp10.000 sampai Rp1.000.000 per transfer. Jam operasional layanan transfer di aplikasi ini lebih fleksibel dibanding layanan serupa lainnya, yaitu mulai dari jam 08.00 sampai 21.00 Wib dengan waktu istirahat pukul 12.00-13.00 dan 18.00-19.00.

Aplikasi ini memiliki dua layanan akun yang berbeda yakni, regular dan prioritas. Layanan untuk akun regular tidak akan dikenakan biaya admin untuk melakukan transfer uang. Tapi waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman uang biasanya 3-4 jam sesuai antrian transfer. Sedangkan layanan untuk akun prioritas, kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp3000. Tapi waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman dengan uang jauh lebih cepat biasanya 3-10 menit.

6. Netzme

Aplikasi yang sudah mendapat lisensi resmi sejak akhir 2019, agak berbeda dengan aplikasi transfer uang lainnya, Netzme selain bisa digunakan untuk mentransfer uang antar bank bebas biaya admin, aplikasi ini juga menyediakan fitur chatting yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan siapa pun sekaligus melakukan transaksi keuangan kapan pun dan di mana pun. Layanan pilihan bank juga sudah banyak dan dapat diakses 24 jam. Tetapi untuk transfer uang antar bank ada baiknya dilakukan pada hari kerja senin-jumat biasanya memakan waktu 1x24 jam, kalau pada hari libur biasanya akan lebih lama.

7. IpotPay

Selanjutnya aplikasi resmi penyedia transfer dana tanpa biaya admin adalah IpotPay. Selain layanan transfer antar bank, kamu juga bisa mendapatkan imbalan 7-10% pertahun jika menyimpan saldo dan bertansaksi melalui aplikasi tersebut. di IpotPay ini tidak menetapkan limit tertentu untuk melakukan transaksi sehingga kamu bisa menggunakannya dengan bebas.

8. Digibank

Hampir sama, aplikasi digibank juga bebas biaya admin untuk transfer ke beda bank. Aplikasi ini termasuk relatif lengkap karena terdapat fitur deposito hingga investasi. Produk dari Bank DBS tersebut, memberikan layanan transfer bebas admin dengan syarat memiliki rata-rata saldo per bulan minimum Rp1juta. Untuk saldo yang bisa ditempatkan dalam digibank tidak ada ketentuan maksimalnya, sehingga kamu bisa mengisi aplikasi ini sesukanya.

Nah itu dia cara mudah transfer dana bebas biaya admin melalui aplikasi smartphone kamu. Aplikasi-aplikasi tersebut hadir dan dirancang untuk mengimbangi kemajuan teknologi untuk bertansaksi keuangan dengan mudah dan murah. Jadi sekarang kamu bisa berhemat waktu dan biaya jika ingin mentransfer uang ke antar bank.

Baca Juga: Cara Mengurus ATM Mandiri yang Hilang

Statistik artikel

37 views