Ciri Ciri MLM Penipu

Ciri Ciri MLM Penipu

Ciri Ciri MLM Penipu kenali ciri cirinya agar anda tidak terjebak ke dalam jenis MLM ini. Marak dan banyak bisnis MLM yang tersebar di masyarakat membuat Anda kadang merasa tergiur untuk bergabung. Apalagi jika mendengarkan keuntungan yang diiming-imingkan dengan bisa diraih lumayan besar. Dengan modal tidak terlalu besar, Anda sudah bisa memperoleh uang yang banyak tanpa perlu bekerja pagi hingga malam. Ya, rata-rata memang bisnis MLM selalu menarik perhatian para target dan konsumen nya menggunakan iming-iming keuntungan super besar yang bisa didapatkan jika bergabung dengan mereka. Tak jarang mereka menawarkan mobil, rumah dan hadiah berlibur ke luar negeri. Siapa yang tidak tergiur? Namun, dibalik semua janji dan kata-kata manis tersebut tidak semua nya benar. Ada beberapa kebohongan yang terselip di dalam nya. Untuk itu, Anda harus cermat dan teliti sebelum memutuskan untuk bergabung dan melakukan sebuah bisnis. Tak sedikit pula bisnis MLM yang melakukan praktik penipuan demi meraup keuntungan sebanyak mungkin yang bisa mereka dapatkan. Disini, Anda sebagai calon korban dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab harus bisa membedakan mana bisnis yang benar-benar menjalankan tugas nya, mana yang ingin menipu. Jika Anda tidak cermat dan teliti, maka Anda bisa saja menjadi salah satu orang tidak beruntung dan menjadi korban mereka.

 

[related]

 ciri ciri MLM Penipu 2

 

Ciri-Ciri MLM Penipu

Guna menghindari praktik bisnis MLM yang menjurus ke penipuan, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini, yaitu:

  • Bisnis MLM yang ingin menipu, biasa nya menggadang-gadang keuntungan super besar yang akan Anda dapatkan jika bergabung dengan mereka. Dalam waktu singkat, Anda diiming-imingkan akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Tetapi, dengan persyaratan Anda harus merekrut orang baru untuk ikut bergabung dengan mereka dan membayar sejumlah uang perdaftaran untuk bergabung. Bisnis MLM seperti ini patut Anda curigai. Sudah banyak kasus seperti ini yang berakhir dengan penipuan. Setelah tersangka mendapatkan banyak uang dari mereka yang bergabung pada bisnis nya, dia akan lari dan membawa kabur uang tersebut. Jika sudah begitu, bukan nya untung malah buntung.
  • Perhatikan pula produk yang dijual. Pastikan, produk yang mereka jual nampak wujud nya dan bisa memberikan keuntungan. Jangan percaya jika mereka tidak memberitahukan Anda wujud produk yang mereka jual. Karena bisa saja mereka hanya ingin menipu Anda.
  • Keuntungan yang Anda dapatkan harus nya merupakan hasil dari kerja keras Anda atas penjualan produk yang Anda jual. Bukan dari hasil merekrut orang atau anggota baru. Karena, bisnis MLM tujuan utama nya adalah memasarkan dan menjualkan produk yang mereka miliki, bukan memperbanyak orang atau pun anggota baru.
  • Periksa apakah bisnis MLM tersebut terdaftar dalam Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dan World Federation of Direct Selling Association (WFDSA). Juga, produk yang dijual harus sudah mendapatkan izin dan persetujuan dari badan resmi pemerintah, misalnya seperti BPOM untuk produk makanan dan obat-obatan dan lain-lain.
  • Tidak ada nya pelatihan resmi yang diberikan kepada anggota baru untuk membimbing mereka dalam melakukan pemasaran dan penjualan kepada konsumen adalah ciri lain MLM berkedok penipuan. Biasa nya mereka hanya mengadakan seminar non formal untuk membuat anggota mereka tetap setia kepada mereka dan menceritakan keuntungan-keuntungan yang nanti nya bisa mereka dapatkan.
  • Ada nya kantor fisik yang nyata dan jelas juga bisa menjadi salah satu bentuk bisnis yang memang benar dan baik. Bukan hanya sekedar tempat untuk ngumpul dan bertemu tatap muka saja. Setidaknya benar-benar memperlihatkan penampakan sebuah kantor pada umum nya dengan customer service yang meyakinkan.
  • Jika Anda memang sangat berminat untuk bergabung pada bisnis MLM, pilihlah bisnis MLM yang memang sudah memiliki citra yang baik dan dipercaya oleh banyak orang. Sudah punya nama dan dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir ditipu.

Dari Ciri Ciri MLM Penipu di atas, Anda pun sudah bisa mulai memilah untuk lebih cermat dan teliti dalam memilih bisnis MLM mana yang memang benar menjalankan bisnis dan mana yang berkedok penipuan. Mari lebih berhati-hati dalam berbisnis!

Statistik artikel

266 views