Jangka Waktu Reksadana Pasar Uang

Jangka Waktu Reksadana Pasar Uang

Jangka Waktu Reksadana Pasar Uang Berbicara tentang keuntungan investasi, pasti selalu berkaitan erat dengan jangka waktu. Jangka waktu tertentu yang kamu ambil akan menjadi pertimbangan seberapa keuntungan yang akan didapatkan sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Kamu juga mesti menyesuaikannya dengan instrumen investasi yang cocok dengan jangka waktu yang kamu inginkan. Karena beda jenis investasi, beda pula ideal waktu yang dibutuhkan.

 

1. Jangka Waktu dalam Berinvestasi

Nah mari terlebih dahulu kita membahas berbagai jangka waktu dalam berinvestasi berikut ini.

 

1.1 Jangka Pendek

Investasi harian, bulanan, atau maksimal 1-2 tahun merupakan bagian dari investasi jangka pendek. Orientasinya adalah untuk dapat keuntungan demi memenuhi kebutuhan keuangan untuk jangka pendek. Ada beberapa jenis investasi yang bisa kamu lakukan harian hingga tahunan maksimal 2 tahun. Untuk investasi harian, kamu bisa pilih jenis investasi saham di pasar modal. Biasanya investasi harian disebut tradingTrade dari kata dasar trading artinya perdagangan. Jadi maksudnya investasi jenis ini dijalani oleh orang-orang yang ikut dalam perdagangan di pasar modal pada jam transaksi BEI.

Ketika kita membeli saham, dalam investasi ini harga saham bisa berubah hanya dalam hitungan detik, jam, hari atau dalam beberapa hari saja (berubah naik atau turun). Ketika sedang untung, kita bisa langsung menjualnya di hari itu juga serta bisa langsung merasakan profit-nya Jika investasi harian ini menurut kamu memerlukan waktu luang lumayan banyak dan kamu merasa tidak akan memiliki cukup waktu luang, apa yang bisa dilakukan agar tetap berinvestasi? Salah satu pilihan yang kamu bisa ambil adalah investasi di reksa dana pasar uang.

Jenis ini cocok bagi kita yang berinvestasi dalam jangka pendek selama setidaknya dalam satu tahun. Secara historikal, reksa dana pasar uang pernah mencapai keuntungan (return) bersih 7 persen dalam satu tahun. Besaran keuntungan ini hampir mirip dan bahkan bisa mengalahkan bunga deposito, hanya saja kalau reksa dana pasar uang semua profit sudah bersih tanpa dikurangi pajak dan beban biaya lainnya.

 

1.2 Jangka Menengah

Jika kita punya tujuan tidak dalam jangka pendek, ataupun tidak dalam jangka panjang, seperti liburan ke Eropa atau melanjutkan pendidikan dalam tiga tahun lagi. Salah satu pilihan yang bisa diambil adalah dengan pilihan investasi tanah atau investasi obligasi.

 

[related]

 

Jangka Waktu Reksadana Pasar Uang 3

 

Membeli sebidang tanah di dekat daerah berkembang akan meningkatkan kemungkinan harga tanah semakin naik. Apalagi dengan dibangunnya berbagai insfrastruktur umum di sekitar bidang tanah yang kita miliki.

Karena dalam kurun waktu 3 tahun saja, harga bidang tanah yang dimiliki bisa cukup meningkat secara signifikan. Pada tahun 2014 saja, bidang properti mengalami kenaikan 30 persen dalam 3 tahun. Sebidang tanah adalah hal yang sangat mendukung dalam bidang properti.

Jika membeli tanah kamu rasa membutuhkan modal yang lumayan besar, investasi jangka menengah yang bisa kamu lakukan lainnya adalah dengan membeli obligasi. Obligasi singkatnya adalah investasi di surat utang berjangka.

Definisi obligasi adalah suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Cara mudah untuk berinvestasi obligasi adalah dengan melalui reksa dana pendapatan tetap.

Jenis reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang fokus pada investasi di instrumen pendapatan tetap yakni obligasi. Investasi ini bisa dilakukan dalam jangka menengah, setidaknya 2-3 tahun. Secara historis, reksa dana jenis ini pernah ada yang tumbuh hingga 10 persen dalam waktu 1 tahun dan 30 persen dalam waktu 3 tahun.

Tentu ini return yang cukup lumayan kan untuk jangkah menengah?

 

1.3 Jangka Panjang

Investasi yang baik dan maksimal adalah investasi yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang Alasannya adalah perekonomian di suatu negara akan selalu diusahakan untuk terus membaik, sehingga ekspektasinya adalah ekonomi akan semakin maju dan nilai investasi yang kita miliki juga akan membaik. Investasi ini bisa dilakukan untuk tujuan yang besar, seperti menyiapkan dana pensiun. Pilihan pertama untuk jangka panjang adalah investasi saham. Kamu harus memilih perusahaan dengan fundamental yang baik, dan investasikanlah uang kamu di perusahaan tersebut. Untuk jangka panjang kamu tidak perlu setiap hari memeriksa portfolio saham. Hal penting yang perlu kamu pastikan adalah perusahaan tempat kamu berinvestasi masih dalam keaadaan baik.

Lalu, adakah pilihan lain yang lebih mudah untuk dapat berinvestasi jangka panjang? Cara lainnya adalah dengan berinvestasi di reksa dana saham. Investasi reksa dana saham dilakukan oleh Manajer Investasi seperti jenis reksa dana lain, dan difokuskan pada investasi di pasar modal. Keuntungan investasi reksa dana saham secara historis pernah ada yang mencapai 20 persen dalam setahun dan 60 persen dalam 3 tahun. Idealnya, investasi reksa dana saham dilakukan dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun agar lebih maksimal dalam menghasilkan profit. Tentu, reksa dana saham adalah opsi yang dapat mempermudah kamu dalam berinvestasi saham

 

[related]

 

Jangka Waktu Reksadana Pasar Uang

 

2. Jangka Waktu Reksa dana Pasar Uang

Reksa dana Pasar Uang sendiri merupakan investasi yang mayoritas dananya akan dialokasikan dalam deposito atau surat berharga dengan jatuh tempo di bawah satu tahun. Untuk reksa dana pasar uang ini memang risikonya relatif lebih rendah dibandingkan jenis reksadana lainnya. Maka imbal hasilnya sendiri juga akan lebih baik dibandingkan apabila kamu melakukan deposito.  Saat melakukan deposito kamu diharuskan melakukan investasi dengan minimal dana awal senilai Rp5 juta dan untuk jangka waktu penarikannya diatur sesuai dengan kesepakatan di awal investasi. Lain halnya dengan reksa dana pasar uang yang lebih mudah, dengan dana Rp100 ribu saja kamu dapat memulai investasi awalmu dan tentunya dapat dicairkan kapan saja.

Untuk jangka waktu kurang dari setahun, sebaiknya kamu memilih investasi di Reksa dana Pasar Uang. walaupun semua investasi bisa kamu tentukan sendiri jangka waktunya, tetapi RDPU lebih cocok untuk lebih kurang 1 tahun jadi. Karena return yang dihasilkan juga sebanding dengan risiko minim yang ditawarkan.   Walaupun returnnya kecil, namun selalu stabil, dapat mencairkan dana dengan cepat dan tidak ada jatuh tempo jika mencairkan tidak sesuai jangka waktu. Tetapi ada baiknya berinvestasi secara berkala di reksa dana untuk mendapatkan return yang maksimal.

Kamu bisa menggunakan reksa dana untuk kebutuhan investasi jangka pendek, jangka panjang atau jangka menengah. Sebelum memilih instrumennya lihat dulu penggunaan dan investasi tersebut. Jika hendak digunakan untuk biaya sekolah anak, padahal saat ini anak baru lahir, kamu bisa memilih investasi jangka panjang. Atau kebutuhan akan menikah beberapa tahun lagi, maka ambil investasi jangka pendek.

Jadi, mau berapa lama kamu berinvestasi?

Kamu yang bisa menjawab sendiri berapa lama yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Baik dari investasi jangka pendek, menengah maupun panjang, semua baik kok. Asalkan, pastikan sesuai dengan tujuan investasimu. Maka pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan investasi apa yang akan kamu pilih nantinya setelah kamu mengetahui Jangka Waktu Reksadana Pasar Uang. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial kamu. Jadi tunggu apa lagi?  Berinvestasilah mulai dari sekarang!

 

Statistik artikel

209 views