Kemana Jeff Bezos Menginvestasikan Uangnya

Kemana Jeff Bezos Menginvestasikan Uangnya

Kemana Jeff Bezos Menginvestasikan Uangnya 

Jeff Bezoz adalah pendiri dan CEO Amazon, harta kekayaannya pun terus bertambah.

Berdasarkan data dari Forbes, Bezos saat ini memiliki harta sebesar USD131 miliar menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia.

Dengan kekayaannya yang sangat banyak tersebut, kita sebagai orang kecil tentunya bertanya tanya, kamana saja Bezos memutarkan uangnya?

1. Media, High Tech dan Travel

Di sektor teknologi, media dan komunikasi, Bezos telah berinvestasi di Twitter, Inc. ia juga telah mengalokasikan hampir $ 50 juta modal ventura ke Business Insider. Dia mengakuisisi The Washington Post pada 2013 sebesar $ 250 juta. 

Berbagai perusahaan lain yang juga ia tanamkan modalnya seperti :

TeachStreet, ZocDoc, EverFi, General Assembly, MakerBot, NextDoor, Plenty, Airbnb, Grail, Juno Therapeutics, Mark43, Fundbox, Lookout, Domo, Breakthrough Energy Ventures, Mindstrong Health.

Bezos juga berinvestasi di UNITY Biotechnology, Inc., sebuah startup kesehatan yang menargetkan penyakit yang berkaitan dengan penuaan.

2. Travel

Di sektor travel, Bezos telah menginvestasikan $ 112 juta dan $ 35 juta pada Airbnb dan Uber.

Bezos adalah orang yang sangat percaya pada cloud, sebagaimana dibuktikan oleh dorongan besar Amazon untuk menyediakan layanan cloud computing (komputasi awan). Namun, minat investasinya tidak berakhir dengan perusahaannya sendiri. Salah satu keberhasilan investasi yang menonjol adalah Workday, Inc., sebuah perusahaan yang menyediakan layanan sumber daya manusia di cloud.

Tak lama setelah investasi modal ventura Bezos di perusahaan itu go public dalam penawaran umum perdana (IPO) yang mengumpulkan $ 684 juta. Di bidang bisnis ritel yang lebih tradisional, Bezos juga berinvestasi di Glassybaby, sebuah perusahaan yang membuat pemegang kaca untuk lilin-lilin nazar.

3. Properti

Bezos juga memiliki kepemilikan substansial dalam investasi yang lebih tradisional seperti real estat. ia memiliki tanah seluas 165.000 are di Texas diakuisisi sebagai basis operasi untuk perusahaan kedirgantaraannya, Blue Origindan berfungsi sebagai lokasi uji coba untuk roket New Shepard suborbital berawak berawak vertikal.

Real estate pribadinya meliputi kepemilikan di pantai timur dan barat. Bezos memiliki dua rumah multi-juta dolar di Beverly Hills dan apartemen 10.000 kaki persegi di Menara Century di Manhattan yang harganya $ 10 juta. Dia juga memiliki properti seharga $ 28 juta di tepi danau di Negara Bagian Washington.

Pada 2012, Amazon membeli gedung kantor pusat South Lake Union di Seattle dengan harga $ 1,5 miliar, menjadikan perusahaan ini salah satu pemilik properti komersial terbesar di kota itu. Amazon memiliki hampir selusin bangunan, hampir 2 juta kaki persegi ruang kantor dan sekitar 100.000 kaki persegi ruang ritel. Juga pada tahun 2012, perusahaan menghabiskan sekitar $ 200 juta untuk membeli area tiga blok di pusat kota Seattle yang sedang dikembangkan sebagai ruang menara kantor. Pada 2014, Amazon menghabiskan $ 50 juta untuk mengambil satu blok persegi lagi. Pada bulan Agustus 2017, Seattle Times melaporkan bahwa Amazon memiliki ruang kantor yang sama dengan 40 perusahaan besar di Seattle.

Statistik artikel

239 views