Macam macam laporan keuangan

Macam-Macam Laporan Keuangan Laporan keuangan sangat berperan penting dalam suatu bisnis

Macam-Macam Laporan Keuangan

Laporan keuangan sangat berperan penting dalam suatu bisnis. Melihat laporan keuangan merupakan salah satu aspek untuk memantau kondisi finansial suatu perusahaan dalam periode tertentu. Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntasi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. 
Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Pembuatan laporan keuangan ini berfungsi untuk:

  • Membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan dapat membantu suatu perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perbandingan dampak keuangan yang terjadi akibat suatu keputusan ekonomi.
  • Memprediksi pertumbuhan bisnis di masa depan. Perusahaan dapat menilai bagaimana kondisi perusahaan yang diingnkan di masa yang akan datang.
  • Menilai aktivitas pendanaan dan operasi perusahaan. Informasi mengenai kondisi keuangan juga dapat membantu perusahaan dalam menilai aktivitas investasi dan kemampuan operasional suatu perusahaan pada satu periode tertentu.


Di dalam bisnis, ada beberapa jenis laporan keuangan yang perlu kamu pahami sesuai dengan standar akuntasi keuangan yang berlaku di Indonesia, yaitu:


1. Laporan Laba Rugi

Pertama yang akan dibahas adalah laporan laba rugi. Laporan ini berfungsi untuk menunjukkan apakah perusahaan mengalami kerugian atau menghasilkan laba dalam satu periode keuangan. Fungsi utama dari laporan laba rugi adalah menyajikan infromasi peforma bisnis yang diperlukan untuk memprediksi kondisi ekonomi internal perusahaan di masa depan. Informasi tersebut juga bisa digunakan untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan arus kas dari sumber daya yang ada.
Laporan laba rugi menjabarkan tentang unsur-unsur pendapatan dan beban perusaahn untuk mengetahui laba atau rugi bersih yang dihasilkan. Beberapa unsur-unsur dalam laporan laba rugi berikut yaitu:

  • Pendapatan (revenues) adalah arus uang masuk atau peningkatan aktiva lainnya dari sebuah perusahaan. Pendapatan juga menunjukkan penyelesaian liabilitas (hutang) selama periode tertentu karena pengiriman atau produksi barang dan menyelesaikan jasa.
  • Biaya (Expenses) adalah arus uang keluar atau penggunaan aktiva atau timbulnya liabilitas (hutang) selama periode tertentu karena pengiriman atau produksi barang dan menyelesaikan jasa. 
  • Keuntungan (profit) adalah peningkatan modal (ekuitas) karena adanya transaksi perusahaan yang dihasilkan dari pendapatan atau investasi dari perusahaan yang bersangkutan. 
  • Kerugian (loss) adalah penurunan ekuitas (modal) karena adanya transaksi perusahaan yang dihasilkan dari beban atau pendistribusian ke pemilik perusahaan. 

2.    Laporan Perubahan Modal

Selanjutnya laporan perubahan modal atau ekuitas merupakan salah satu laporan keuangan yang dibuat oleh perusaahaan untuk menunjukkan perubahaan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode tertentu. 
Laporan ini juga akan menggambarkan informasi terkait jumlah modal yang dimiliki oleh perusahaan dalam periode tertentu. Di sini kamu bisa melihat besarnya perusahaan yang terjadi dimodal lengkap dengan penyebab perubahaannya. Beberapa unsur-unsur yang diperlukan untuk menyusun laporan tentang perubahaan modal yaitu:

  • Modal Awal merupakan keseluruhan dana yang diinvestasikan untuk perkembangan atau kemajuan perusahaan dari awal perusahaan berdiri hingga waktu tertentu dimana modal belum ditambahkan
  • Laba Rugi adalah selisih pendapatan dengan sejumlah beban biaya
  • Prive merupakan penarikan modal untuk keperluan pribadi pemilik perusahaan
  • Penambahan Modal adalah selisih yang kita dapatkan antara laba bersih dengan prive.

3.    Laporan Neraca

Laporan neraca atau balance sheet merupakan laporan yang menunjukkan kondisi, informasi, atau posisi keuangan bisnis pada tanggal tertentu. Melalui laporan neraca kamu bisa melihat jumlah aktiva berupa harta atau aset, kewajiban berupa utang, dan ekuitas merupakan modal perusahaan. Jika ketiganya dihubungkan dengan persamaan akuntasi, maka akan terbentuk seperti berikut: 

Ketiga unsur-unsur utama yang dimiliki oleh neraca tersebut yaitu: 

  • Aset
    Aset adalah semua hak yang dapat digunakan dalam operasi perusahaan. Misalnya saja gedung atau bangunan, atau investasi dalam bentuk lain yang cukup liquid untuk digunakan dalam operasional perusahaan.
  • Liabilitas
    Liabilitas adalah hutang yang harus dilunasi atau pelayanan yang harus dilakukan pada pihak lain di masa yang akan datang. Sehingga dapat dikatakan bahwa Liabilitas merupakan kebalikan dari aset. Dimana aset merupakan harta yang kita miliki sedangkan liabilitas adalah kewajiban.
  • Ekuitas
    Ekuitas atau modal adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yang merupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban).

4. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan laporan yang dibuat untuk menunjukkan aliran uang masuk dan keluar perusahaan untuk periode tertentu. Laporan ini juga digunakan sebagai alat akuntabitas untuk arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan. Unsur-unsur penting laporan arus kas dapat dilihat dari ulasan dibawah ini:

  • Arus Kas dari Kegiatan Usaha (Operating Activities)
    Yaitu arus kas pemasukan maupun pengeluaran yang berasal dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan. Misalnya: penerimaan uang dari penjualan, pembayaran utang, penerimaan dividen, pelunasan pajak maupun pembayaran bunga.
  • Arus Kas dari Kegiatan Investasi (Investing Activities)
    Yaitu arus kas pemasukan maupun pengeluaran yang berasal dari kegiatan investasi. Seperti pembelian aset seperti mesin, dan penjualan aset seperti gedung atau lelang mobil dinas.
  • Arus Kas dari Kegiatan Pendanaan
    Yaitu arus kas pemasukan maupun pengeluaran yang berasal dari kegiatan pendanaan perusahaan. Misalnya penjualan obligasi, pembayaran dividen, pelunasan kredit dari bank.

Demikianlah artikel tentang laporan keuangan di atas yang paling penting untuk bisnis kamu. Selain untuk membantu mengetahui kondisi finansial bisnis, macam-macam laporan keuangan juga berfungsi sebagai acuan pengambilan keputusan dan pertanggungjawaban terhadap pihak ketiga seperti investor atau badan pajak. Semoga bermanfaat ya. 

Statistik artikel

53 views