Macam Macam Pasar Modal

Macam Macam Pasar Modal

Macam Macam Pasar Modal. Di era pertumbuhan ekonomi saat ini, istilah pasar modal tidak asing lagi karena perannya bagi perekonomian negara memang cukup besar dan penting, Pasar modal sendiri merupakan pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan uang dalam bentuk surat-surat berharga dengan jangka waktu lebih dari satu tahun. Pasar modal adalah sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian ia memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.

Dalam ilmu ekonomi, dalam menjalankan fungsinya pasar modal dibagi menjadi 4 macam, yaitu meliputi pasar primer, pasar sekunder, pasar ketiga dan pasar keempat lengkap beserta penjelasannya.

1. Pasar Primer (Primary Market)

Pasar primer (perdana) merupakan pasar yang memperdagangkan saham-saham baru yang dijual untuk pertama kalinya, sebelum dicatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Di sini, biasanya harga saham pertama kali ditawarkan oleh perusahaan yang menerbitkan saham (emiten) melalui pihak penjamin emisi (underwriter) kepada investor dengan mekanisme Penawaran Umum Perdana (Initial Public Offering – IPO). Hasil penjualan sahamnya akan masuk sebagai modal perusahaan yang biasanya akan digunakan dalam perluasan bisnis, menambah aset, dan juga membayar utang.

 

2. Pasar Sekunder (Secondary Market)

Pasar sekunder adalah kelanjutan dari pasar primer yang saham-sahamnya yang telah dicatatkan di bursa efek indonesia (BEI). Dengan kata lain, pasar dimana saham dan sekuritas lainnya diperjualbelikan secara luas, sesuai banyaknya permintaan dan penawaran di pasar primer. Hasil penjualan saham biasanya tidak lagi masuk ke perusahaan tetapi masuk ke para pemegang saham. Pasar sekunder dibedakan menjadi stock exchange market (bursa efek) dan over the counter (OTC) market. Sekuritas dari perusahaan kecil umumnya diperdagangkan di OTC market, sedangkan sekuritas untuk perusahaan yang besar di stock exchange.

[related]

3. Pasar Ketiga (Third Market)

Pasar ketiga atau disebut juga dengan Over The Counter (OTC) adalah sarana tempat perdagangan saham pada saat pasar kedua tutup antara anggota bursa (market maker) dan investor serta harga dibentuk oleh market maker. Investor dapat memilih market maker dengan harga terbaik. Para market maker disini akan saling bersaing dalam menentukan harga saham, karena satu jenis saham dipasarkan oleh lebih dari satu market maker.

 

4. Pasar Keempat (Fourth Market)

Pasar keempat adalah sarana transaksi jual-beli antara investor jual dan investor beli tanpa perantara pedagang efek (broker), atau pasar modal yang dilakukan diantara institusi berkapasitas besar untuk menghemat biaya transaksi jika dilakukan dengan broker seperti dilakukan di pasar sekunder. Bentuk transaksi dalam perdagangan semacam ini biasanya dilakukan dalam jumlah besar.

Itulah artikel pengetahuan mengenai macam-macam pasar modal beserta penjelasannya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu yang sedang belajar mengenai pasar modal.

Statistik artikel

2186 views